PAKAN KELINCI

Klinci adalah hewan HERBIVORA (pemakan tumbuh2an). untuk berternak atau memelihara kelinci, kita perlu memperhatikan pemberian pakan. paka yang baik adalah pakan yang membuat kelinci sehat serta tidak membuat si kelinci terserang penyakit. kelinci adalah hewan pemamah biak, meski sudah kenyangsela beberapa saat kelinci akan makan lagi. disini kita juga perlu memperhatikan porsi makanan yang kita berikan. tidak hanya asal memberikan pakan, pakan harus memiliki kadar gizi2 yang dibutuhkan si kelinci. berikut beberapa pakan yang baik untuk kelinci.

1. Rumput

Rumput tetangga sangat baik untuuk pakan kelinci, tetapi perlu diperhatikan bahwa pemberian rumput harus dalam keadaan layu. jangan berikan rumput dalam kondisi segar (habis dipetik). rumput memiliki kandungan serat dan gizi2 yang baik untuk kelinci. berikanlah rumput dalam kondisi layu. dengan cara dijemur atau diangin anginkan.
2.  Wortel

Sebenarnya pemberian wortel itu baik, namun berikanlah jarang jarang. jangan berlebihan dan setiap hari dalam pemberiannya. kelinci yang diberikan gizi yang berlebihan juga tidak baik. sangat disayangkan kelinci yang berada di dalam kandang tetapi diberikan gizi yang berlebih.
3. Kangkung

Sama seperti wortel, berikanlah kangkung dalam kondisi yang layu. kangkung sendiri sering menimbulkan penyakit mencrek pada kelinci. sangat disarankan jangan berikan kangkung dalam kondisi segar. kangkung juga jangan diberikan ketika itu ditanam di air dan terbawa lumut. lumut sendiri sangat rentan membuat kelinci mencrek. jika sudah mencrek, kita tinggal menghitung hari kapan kelinci tersebut mati.
4. Pelet

Pelet juga sangat baik untuk kelinci, tips untuk memilih pelet adalah datang langsung ke produsen pelet dan menanyakan bahan2 pembuatnya, para produsen akan menjelaskan detail2 pelet yang diproduksinya. disarankan anda mencoba lebih dari satu jenis pelet. kelinci sendiri sering tidak suka pelet yang kita berikan. kelinci hanya akan mencicipinya beberapa dan tidak mau makan sisanya. tekstur pelet sendiri harus yang sedang, jangan terlalu keras atau terlalu lembek(sudah bubuk).

0 komentar:

Posting Komentar