Kelinci Kawin


Kelinci dapat dikawinkan pada usia diatas 5 bulan. Pada waktu tersebutlah kelinci memasuki usia produktif. Kelinci betina jenis ukuran kecil normalnya bisa dikawinkan pada usia 5 bulan dan yang jantan pada usia 6 bulan, kelinci betina jenis ukuran medium pada usia 6 bulan dan yang jantan usia 7 bulan, Kelinci betina jenis ukuran besar pada usia 8 bulan dan yang jantannya pada usia 9 bulan. Pastikan bahwa kelinci yang hendak anda kawinkan tidak sedarah atau bersaudara. Perkawinan sedarah bisa mengakibatkan hal-hal tak diinginkan seperti cacat pada anak kelincinya kelak. Mengawinkan kelinci itu ada aturanya. Para pemula tidak tahu dan tidak memperhatikan aturan2 tersebut. Berikut ini cara mengawinkan kelinci yang benar:
     1. Betina di bawa ke kandang jantan. Jangan sampai terbalik. Jantan butuh dominasi sehingga ia lebih agresif kawin di kandangnya sendiri. Usahakan Anda memiliki pejantan yang lebih banyak daripada betinanya. Hal tersebut dimaksudkan agar si betina bisa memiliki banyak pilihan. :p .
     2. Sangat disarankan suhu kandang saat mengawinkan antara 24-26 C (suhu kamar). bawa sang betina ke dalam kandang pejantan. Biasanya saat pertama disatukan, keduanya saling kejar mengejar. tetapi hal itu sudah biasa, jadi biarkan saja.
     3. Saat Perkawinan ditandai dengan sang betina menunduk dan sang jantan berada diatasnya (women on top tidak berlaku disini). Dan ekor sang betina mengangkat ke atas, itu menandakan si betina mempersilakan sang jantan memasukan senjata tempurnya ke vagina betina. Perkawinan terjadi beberapa menit. Orgasme ditandai dengan gerakan seribu bayangan (getar) sang jantan atau ditandai dengan jatuhnya sang pejantan. Jika hal itu sudah terjadi, ambilah si betina untuk diistirahatkan beberapa menit (10-20 menit).
     4. Ulangi perkawinan dengan pejantan lain. Lakukan pengulangan perkawinan hingga 3 kali, jangan lupa untuk mengistirahatkan terlebih dahulu.
     5. Seringkali kelinci tidak mau kawin, hal itu dikarenakan si betina tidak cocok dengan sang jantan dan sebaliknya. cara menanggulangi hal tersebut yaitu, saat kelinci berada di umur perumbuhan (lahir-sebelum kawin), usahakan berada di kandang yangberdekatan. hal tersebut bisa memberikan masing2 waktu untuk berkenalan.
     6. Jangan sampai melewatkan moment mengawinkan kelinci Anda. Jika anda ingin merekam, silahkan. Tapi, jangan terlalu berisik nanti akan mengganggu perjuangan sang jantan dan betina. Anda juga tidak mau diganggu kan?? :)
     7. Sebagai peternak anda harus membiasakan mengawinkan kelinci, karena sangat cepat sekali selang waktu untuk kelinci kawin lagi.






##Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar